Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paok Pancawarna, Javan Banded Pitta, Pitta guajana

Paok Pancawarna, Javan Banded Pitta, Pitta guajana


Paok Pancawarna
Javan Banded Pitta
Pitta guajana (Müller, 1776)

Ciri Umum
Paok pancawarna memiliki tubuh yang berukuran sedang (22 cm). Tubuh gemuk, berwarna keemasan bergaris-garis. Kepalanya hitam dengan alis kuning mencolok dan sangat khas. Punggung dan sayap coklat dengan garis sayap putih. Ekor berwarna biru. Dagu putih. Pada Ras Jawa: dada dan sisi lambung bergaris-garis hitam dan kuning.
Perbedaan pada Burung jantan: ada garis biru pada dada atas.Sedangkan Burung betina: lebih suram dan lebih merah. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Bersifat pemalu, kadang terlihat melintas jalan di hutan, namun lebih sering terdengar suaranya. Berlompatan cepat di sepanjang lantai hutan atau batang mati. Kadang di semak rendah, pohon salak atau rotan. Malam hari bertengger pada vegetasi rendah setinggi 1-3 m dari tanah.
Sarang berbentuk bola berongga dari vegetasi pada semak, satu meter di atas permukaan tanah. Telur berwarna keputih-putihan, jumlah 3-5 butir. Berbiak bulan Januari-Maret, September-Oktober.

Kode Suara
Xeno-canto XC70176

Perjumpaan
Paok Pancawarna merupakan burung yang sangat sulit di jumpai di lombok, hanya berhasil dijumpai dua ekor saja di taman wisata alam kerandangan lombok barat oleh rekan-rekan lombok wildlife photography.