-->

Kapasan Kemiri, Pied Triller, Lalage nigra




Pied Triller
Lalage nigra (J. R. Forster, 1781)

Ciri Umum
Berukuran kecil(16 cm), berwarna hitam dan putih. Pada jantan, tubuh bagian atas hitam, garis sayap putih dengan pinggiran putih sampai menutup sayap dan bulu ekor terluar. Alisnya putih lebar, setrip mata hitam, tunggir abu-abu, tubuh bagian bawah putih. Betina mirip jantan, tetapi lebih berwarna coklat dari pada hitam dan selruh dada bergaris hitam. Remaja seperti betina, tetapi tubuh bagian atas buruk kuning dan tubuh bagian bawah putih buruik abu-abu. Iris coklat, paruh abu-abu dengan ujung hitam, kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Di Sunda Besar (termasuk puau-pulau disekitarnya), cukup umum terdapat didaerah terbuka dan perkebunandataran rendah sampai ketinggian 1.000 m. Di dataran Jawa sebeleh timur digantkan oleh Kapasan Sayap-putih. Lebih menyukai habitat terbuka, hutan mangrove, dan hutan cemara kecil mencari serangga diantara dedaunan pohon-pohon kecil. Terbang dari pohon ke pohon dengan menggelombang lamban. Kadang-kadang turun ke tanah. Umumnya agak pemalu, tersembunyi dengan baik diantaran dedaunan. Hidup sendiran, berpasangan, atau kadang-kadang dalam kelompk kecil.

Memakan ulat serangga, laba-laba, larva kumbang dan serangga lainnya. Telur dua butir kuning tua berbintik coklat yang diletakkan pada sarang berbentuk cawan yang dangkal terbuat dari serat-serat akar yang diletakkan pada cabang dari dahan yang berdaun tidak jauh dari permukaan tanah. Waktu bersarang tercatat dari bulan Maret sampai Agustus.

Kode Suara
Xeno-Canto XC36887

Perjumpaan
Di Lombok burung ini pernah terlihat di taman wisata alam gunung tunaq, sekilas sangat mirip dengan corak dari burung kapasan sayap putih.
LihatTutupKomentar