-->

Baza pasifik, Pacific Baza, Aviceda subcristata

Baza pasifik, Pacific Baza, Aviceda subcristata

Baza pasifik
Pacific Baza
Aviceda subcristata (Gould, 1838)

Ciri Umum
Burung ini berukuran kecil 35-45 cm. Tidak memiliki coret pada bagian tenggorokan seperti Baza Jerdon Aviceda jerdoni. Penutup ekor bawah merah karat atau bungalan. Penutup sayap bawah merah karat. Untuk ras yang ada di Maluku A.s.rufa bagian dada merah karat dan berpalang merah karat pada bagian perut. A.s.timorlaoensis adalah ras yang berada di kawasan Lombok hingga Tanimbar warna dada abu-abu dengan atau tanpa warna merah karat kusam, palang perut coklat ke abu-abuan tua(Jantan) atau lebih merah karat pada individu dewasa. Remaja bagian atas coklat, bagian bawah ekor pucat, perut berpalang berwarna coklat tua.

Habitat dan Kebiasaan

Menghuni hutan primer, tempat yang terbuka dan juga hutan-hutan sekunder. Pada beberapa habitat yang berbeda jenis ini ditemukan di hutan dataran rendah.  Dapat ditemukan mulai dari kawasan dengan ketinggian 550-1250m dpl. Membangun sarang menggunakan ranting-ranting kecil yang disusun bercampur dengan daun. Sarang di tempatkan di ketinggian mulai dari 6-35 meter di atas tanah. Lokasi sarang tersembunyi di atas pucuk pohon.

Telur yang dihasilkan berjumlah antara 2-3 butir telur. Masa inkubasi adalah 29-35 hari. Pengeraman telur akan dilakukan bergantian oleh pasangan ini. Pada masa penetasan individu betina lebih banyak disarang dan individu jantan yang mencarikan makan sampai telurnya menetas.Memakan serangga berukuran besar seperti Belalang Ranting, Belalang sembah dan Ulat. Juga memakan Katak pohon, Kadal dan ular berukuran kecil. Jarang ditemukan memakan burung dan juga mamalia kecil.

Kode Suara

Xeno-canto XC288965

Perjumpaan

Burung Pacific Baza ini pernah tercatat dijumpai melintas di lombok namun saat ini belum di dapatkan dokumentasi yang baik.
LihatTutupKomentar