Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mandar Bontod, Watercock, Gallicrex cinerea




Watercock
Gallicrex cinerea (Gmelin, 1789)

Ciri Umum
Berukuran besar (40 cm), berwarna hitam atau coklat kekuningkeboan dengan paruh hijau pendek. Betina; coklat dengan garis-garis halus pada tubuh bagian bawah. Jantan masa berbiak: bulu tubuh hitam dengan benjolan merah pada dahi (ciri ini hanya dapat dilihat di Sumatra).Iris coklat, paruh hijau-kuning, kaki hijau.

Habitat dan Kebiasaan
Tercatat berbiak di Sumatra. Pengunjung musim dingin yang tidak umum di habitat dataran rendah yang cocok di seluruh Sunda Besar. Pemalu, berjalan mengendap-endap. Kebanyakan aktif pada malam hari, di rawa-rawa yang berbuluh, kadang-kadang datang ke sawah yang berdekatan untuk memakan padi. Makanannya antara lain serangga, ikan kecil dan biji-bijian. Menusukan paruhnya ke lumpur dan perairan dangkal untuk mencari makan, juga berburu di permukaan tanah. Bersarang di bagian kering rawa. Jumlah telur 3-6 butir setiap periode berbiak.

Kode Suara
Xeno-Canto XC321358

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung yang sangat sensitif ini sangat sulit untuk dijumpai, hanya satu kali pertemuan pada bulan nopember hingga desember yang dapat didokumentasikan pada areal persawahan dekat bandara internasional lombok.