Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dara-laut Jambul, Greater Crested Tern (Swift Tern), Thalasseus bergii




Greater Crested Tern (Swift Tern)
Thalasseus bergii (Lichtenstein, 1823)
Sinonim: Sterna bergii Lichtenstein, 1823

Ciri Umum
Berukuran besar (45 cm), berjambul. Pada musim panas: mahkota dan jambul hitam, berubah menjadi berbintik putih pada saat peralihan ke musim dingin. Pada musim dingin: mahkota menjadi putih dan jambul berbintik abu-abu. Tubuh bagian atas abu-abu, tubuh bagian bawah putih. Burung muda: abu-abu lebih gelap daripada burung dewasa, bagian atas berbintik coklat dan putih, ekor abu-abu. Warna paruh adalah ciri terbaik untuk membedakannya dengan dara-laut berjambul lainnya. Iris coklat, paruh kuning, kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Mencari ikan dalam kelompok kecil, terdiri dari 2-3 ekor, kadang-kadang bersama dara-laut jenis lain. Penyelam yang agak kikuk. Beristirahat di pantai, pelampung, dan bagan pemancingan, atau pada benda terapung di air. Sering tebang sampai agak jauh ke tengah laut. Makanan utamanya ikan pelagik dengan panjang 10-15 cm, tapi terkadang juga memakan ubur-ubur, kepiting, serangga, anakan penyu, dan mangsa perairan lainnya. Biasanya mencari makan secara berkelompok, terbang beberapa meter di atas permukaan laut kemudian menukik untuk menyelam dan menyambar mangsa. Teretori pakannya biasanya dalam radius 3 km dari koloni.

Cenderung berbiak dalam koloni yang besar dan padat atau dalam kelompok kecil yang bergabung dengan koloni sarang burung pantai campuran. Hanya berbiak sekali dalam setahun, dengan jumlah telur 1-2 butir yang dierami selama 25-30 hari. Anakan mulai meninggalkan sarang dan belajar terbang pada umur 38-40 hari, tetapi tetap ikut dan bergantung pada induk sampai berumur 4 bulan.

Kode Suara
Xeno-Canto XC114274

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung ini sangat mudah dijumpai di pantai ampenan.