Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayam-hutan Merah, Red Junglefowl, Gallus gallus




Red Junglefowl
Gallus gallus (Linnaeus, 1758)

Ciri Umum
Berukuran agak besar (jantan 70 cm dan betina 42 cm). nenk moyang ayam peliharaan. Jantan : jengger, gelambir, dan muka merah, bulu tengkuk, penutup ekor dan bulu primer biru perunggu. Mantel coklat berangan, bulu ekor panjang, penutup sayap hitam kehijauan berkilau. tubuh bagian bawah hijau gelap.Betina : coklat suram, dengan coretan hitam pada leher dan tengkuk. Ras dari Sumatra Utara : bulu tengkuk lebih panjang. Iris merah, paruh warna tanduk, kaki abu-abu kebiruan.

Habitat dan Kebiasaan
Umum dijumpai di Sumatra sampai ketinggian 900m. Di Jawa pada mulanya tersebar luas, tetaoi sekarang jarang di beberapa daerah dataran rendah. kebanyakan catatan terbaru di pegunungan di Jawa barat. Lebih menyukai habitat semak-semak yang setengah terbuka. Jantan mungkin bersifat soliter, berkumpul dengan selir-selir betina atau kadang-kadang dengan jantan lainnya. Mencari makan di tanah tetapi dapat terbang dengan baik. Bertengger di pohon.

Kode Suara
Xeno-Canto XC377897

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung ini sangat umum dijumpai, namun keberadaannya sudah semakin berkurang karena perburuan liar, burung ini pernah terdokumentasi di taman wisata alam kerandangan dan taman wisata alam gunung tunaq.