Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayam-hutan Hijau, Green Junglefowl, Gallus varius




Green Junglefowl
Gallus varius (Shaw, 1798)

Ciri Umum
Berukuran besar (jantan 60 cm, betina 42 cm), berwarna hitam kehijauan. Mirip Ayam-hutan merah, tetapi jengger tidak seperti gerjaji dan corak warna agak keunguan. Tengkuk, leher, dan mantel hijau berkilau. Penutup ekor berwarna emas, bulu tengkuk hijau mengkilap, bulu-bulu sayap terbang hitam, tubuh bagian bawah hitam. Betina: coklat kuning kebo, dengan garis-garis tidak beraturan dan bintik-bintik hitam. Iris merah, paruh abu-abu putih susu, kaki kemerahjambuan.

Habitat dan Kebiasaan
Di Jawa dan Bali umumnya ditemukan di habitat terbuka yang sesuai, sampai ketinggian 1.500 m (Jawa barat) atau 3.000 m (Jawa timur). Kebiasaan mirip Ayam-hutan merah, tetapi lebih menyukai daerah berumput yang terbuka. Jarang atau tidak pernah ditemukan di hutan lebat. Sering makan dekat ternak yang merumput, sambil menangkap serangga yang tertaril pada ternak atau kotorannya atau serangga yang terhalau waktu ternak itu lewat.

Kode Suara
Xeno-Canto XC70624

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung ini cukup sulit dijumpai, namun keberadaannya juga sudah semakin berkurang sama dengan saudaranya ayam hutan merah karena perburuan liar, burung ini sering terdengar suaranya di hutan perbukitan guntur macan gunung sari.