Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Walet Linci, Cave Swiftlet, Collocalia linchi




Walet Linci
Cave Swiftlet
Collocalia linchi (Horsfield & F. Moore, 1854)

Ciri Umum
Burung walet linci dewasa berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 10 cm. Bulu tubuh bagian atas berwarna hitam kehijauan buram, sedangkan pada tubuh bagian bawahnya berwarna abu - abu jelaga, perut warna keputih - putihan, dan ekor sedikit bertakik atau menggarpu. Warna iris matanya coklat tua, paruh dan kakinya berwarna hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Walet linci tersebar di beberapa tempat di pulau Sumatera (mungkin di sepanjang Bukit Barisan, tetapi dari spesimen museum hanya dijumpai dari Peg. Leuser dan Lampung) dan juga pulau Kalimantan (G. Kinabalu). Di Jawa (termasuk pulau - pulau kecil di Laut Jawa) , Bali dan juga lombok. Merupakan burung walet yang paling umum dijumpai yang terdapat di semua ketinggian. Kebiasaan mirip burung Walet sapi. Sarang seperti mangkuk yang tampak tidak rapih, terbuat dari lumpur dan rumput atau bahan nabati lain, dianyam dan direkatkan dengan air ludah. sarang lebih sering dibangun di tempat yang lebih terang, di dekat mulut gua, pada rekahan batu, atau dalam bangunan. Terlihat terbang dengan lemah dan menggelepar. Burung walet linci ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, mulai mencari makan dari dini hari hingga menjelang malam tanpa bertengger. Suaranya terdengar dengan nada tinggi “Ciir-ciir”.

Kode Suara
Belum tersedia rekaman untuk jenis burung ini

Perjumpaan
Walet linci merupakan burung penetap dari keluarga apodidae dan merupakan burung yang sangat umum dijumpai di langit lombok, jumlahnya sangat banyak sekali, sering terlihat terbang tidak beraturan dalam mencari makan dari pagi hingga sore hari setiap harinya. Burung ini hanya bertengger pada saat istirahat saja yaitu pada malam hari di rimbunan pepohonan atau di atap bangunan, tidak pernah atau jarang sekali pada pagi hingga sore hari dijumpai burung sedang bertengger.

Burung walet linci ini sangat bagus dijadikan sebagai objek latihan fotografi untuk melatih kecekatan menggunakan kamera.