-->

Kowak-malam Abu, Black-Crowned Night-heron, Nycticorax nycticorax




Black-Crowned Night – heron
Nycticorax nycticorax (Linnaeus, 1758

Ciri Umum
Berukuran sedang (61 cm), berkepala besar, bertubuh kekar, berwarna hitam dan putih. Dewasa : mahkota hitam, leher dan dada putih, dan bulu panjang tipis menjuntai dari tengkuk yang putih, punggung hitam, sayap dan ekor abu-abu. Betina lebih kecil daripada jantan. Selam waktu berbiak : kaki dan kekang menjadi merah. Remaja : tubuh coklat bercoretan dan berbintik – bintik, harus ditangkap dulu jika hendak membedakannya dengan remaja Kowak – malam merah. Iris kuning(remaja) atau merah terang (dewasa), paruh hitam (dewasa : merah), kaki kuning kotor.

Habitat dan Kebiasaan
Menghuni hutan rawa, danau dan sungai yang tepiannya berpohon. Bersarang dalam koloni sampai belasan pasang. Sarang terdiri dari rangkaian ranting yang ditempatkan di pohon atau rumpun tumbuhan air. Jumlah telur 3-5 butir berwarna hijau.

Beristirahat di atas pohon pada siang hari. Sebelum keluar mencari makam waku senja, berputar – putar di atas tempat istirahat sambil mengeluarkan suara kuakan parau. Pada malam hari mencari makan di sawah, padang rumput dan pinggir sungai. Bersarang di dalam koloni yang ribut di pohon, biasanya di atas air. Cara terbang agak mirip kalong.

Kode Suara
Xeno-Canto XC398363

Perjumpaan
Di Lombok burung ini tercatat pernah terlihat di persawahan seputar bendungan batujai lombok tengah dan pesisir pantai dekat tambak bandeng sekotong lombok barat.
LihatTutupKomentar