-->

Tepekong Jambul, Grey-rumped Treeswift, Hemiprocne longipennis





Grey-rumped Treeswift
Hemiprocne longipennis Rafinesque, 1802

Ciri Umum
Berukuran agak besar (20 cm), burung layang-layang petengger. Ekor dan sayap sanagt panjang, terdapat bercak abu-abu pada bulu tersier. Pipi coklat berangan (jantan) dan hijau (betina). Ciri lainnya sama. Terdapat jambul pendek pada mahkota depan. Mahkota, tengkuk, punggung, dan penutup sayap abu kehijauan mengkilap. Tungir abu-abu, sayap dan ekor hitam. Tenggorokan, dada, dan sisi tubuh abu-abu, perut dan penutup ekor bawah putih. Remaja: coklat, bersisik dan berbintik putih. Iris coklat gelap, paruh dan kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan
Umum terdapat di Kalimantan dan Sumatera. Jarang terdapat dalam jumlah besar, tetapi tersebar luas di Jawa dan bali sampai ketinggian 1.500 m. Lebih menyukai pinggir hutan atau hutan terbuka dengan pohon yang menjulang tinggi, menggunakan batang pohon tersebut untuk menukik mengejar serangga. Terbang melingkar lebih mirip kirik-kirik atau kekep daripada kapinis lainnya.

Kode Suara
Xeno-Canto XC21017

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung ini merupakan jenis yang sangat jarang dijumpai, pernah teramati di seputaran narmada pada pucuk pohon pohon yang sangat tinggi.
LihatTutupKomentar