-->

Elang Flores, Flores Hawk-Eagle, Nisaetus floris




Flores Hawk-Eagle
Nisaetus floris (Hartert, 1898)

Ciri Umum
Berukuran sedang (55 cm). Kepala putih, kadang dengan garis-garis coklat pada mahkota. Tubuh bagian atas coklat-kehitaman. Dada dan perut putih berpalang coklat kemerahan yang tipis. Ekor coklat dengan enam garis gelap. Kaki putih. Tidak ada perbedaan signifikan antara jantan-betina dan dewasa-muda. Mirip dengan elang brontok muda, bahkan sebelumnya dianggap sebagai salah satu sub-spesies dari elang brontok.

Habitat dan Kebiasaan
Menghuni hutan dataran rendah dan hutan perbukitan dan hutan pegunungan bagian bawah sampai ketinggian 1600m. Juga masih dapat ditemui di kawasan budidaya yang dekat dengan hutan. Di kawasan dekat pemukiman, memiliki kebiasaan memangsa ayam peliharaan yang menyebabkan burung ini sering diburu oleh petani karena dianggap sebagai hama. Memakan burung, kadal, ular dan mamalia kecil. Musim berbiak berlangsung pada musim kemarau, dimana pernah teramati sepasang induk yang melakukan kegiatan perkawinan dan berbiak pada bulan Juni-Juli.

Kode Suara
Xeno-Canto XC143215

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung ini cukup sulit dijumpai, namun bisa dijumpai sekitar pertengahan tahun antara bulan mei hingga juni di taman wisata alam kerandangan dan sembalun lombok timur.
LihatTutupKomentar