-->

Cekakak Sungai, Collared Kingfisher, Halcyon chloris, Todiramphus chloris





Collared Kingfisher
Halcyon chloris Boddaert, 1783
Sinonim: Todiramphus chloris

Ciri Umum
Berukuran sedang (24 cm), berwarna biru dan putih. Mahkota, sayap, punggung, dan ekor biru kehijauan berkilau terang, ada setrip hitam melewati mata. Kekang putih, kerah dan tubuh bagian bawah putih bersih (membedakannya dengan Cekakak suci yang kotor). Iris coklat, paruh atas abu tua, paruh bawah berwarna lebih pucat, kaki abu-abu.

Habitat dan Kebiasaan
Sering ditemukan di daerah terbuka, terutama di daerah pantai. Bertengger pada batu atau pohon. Berburu di sepanjang pantai atau di daerah terbuka dekat perairan termasuk kebun, kota, dan perkebunan. Mangsa besar dibanting-bantingkan dulu pada tenggeran sebelum dimakan. Sangat ribut, suaranya yang keras dapat terdengar sepanjang hari. Makanannya antara lain kepiting, serangga, udang, katak, cacing, siput, kadal dan ikan kecil. Bersarang di lubang tanah. Jumlah telur 2-7 butir, bulat dan berwarna keputihan yang dierami oleh kedua induknya. Anakan mulai keluar sarang dan belajar terbang setelah berumur 44 hari.

Kode Suara
Xeno-Canto XC68435

Perjumpaan
Di pulau lombok, burung ini sangat mudah dijumpai, di taman wisata alam kerandangan, taman wisata gunung tunaq dan hampir ditemui bertengger di pohon sepanjang pesisir pantai.
LihatTutupKomentar